Heboh di dini hari! Kebiasan jelek bis-bis di Indonesia itu naik-turunin penumpang  sesuka hati😠😠😠. Beruntungnya temen-temenku yang tadi turun di Pancoran, sehabis pulang dari Pelabuhan Merak.  Karena polisi di mana-mana di sepanjang jalan tol si Bis ini ga bisa berani nekad nurunin penumpang di bahu tol. Nah, giliran gue turun di Garuda Tamini diburu-buru cepat turun di Lampu Merah.
Kok gue enteng banget ya, pikir gue lelet di otak. Yaahh koper ketinggalan di bagasi bis! Yaahh tuh bis lempeng aja nerobos larangan terus ke arah Pinang Ranti. Yaahh sia-sia tereakan gue buat bikin si Bis berhenti. Lari-lari cari taxi, kejaaar!!!
Bingung nama bis-nya eh kejar-kejaran tuh dengan bis besar arah Kampung Rambutan. Lampu merah pertama gagal. Kejaarrr!!! Di-dim, diklakson. Lampu merah ke-2 tetap aja tuh bis ngaciiirrr. Di-dim, diklakson, dibalap lagi sampai tanganku keluar memberi aba-aba berhenti baru deh berhenti. Takut juga mungkin si Bis dini hari begini dikejar-kejar taksi. Mana rame cerita begal di sana-sini.
Turun menghampiri si Bis, langsung lemes badan ini lihat sopirnya tua beruban. Karena yang tadi muda, dan bikin sport jantung sedari Merak. Buru-buru minta maaf, telpon temen nyari tahu nama bis yang benar. Yaelahhhh ngejar si H tahunya A! Ngacir-lah lagi ke Pinang Ranti. Kosong melompong. Ngacir- lah ke Kampung Rambutan tempat si A yang kata petugas terminal tuh bis ngendon di paling belakang. “Pokok bis paling berisik, sopir muda ngebut berat, kenek suara cempreng!” Begitu ingatku terus dalam hati.
Yaelah ini pool sepi bangeeett yak. Doh! Gelap. Setelah pak supir taksi janji mau nemenin nyari,  pas aku turun ada lelaki yang keluar dari sela-sela bis-bis yang terpakir rapi. Sontak aku bertanya dimana bis A yang barusan datang dari Merak karena ada barangku yang ketinggalan.
“Barangnya apa?”tanyanya dengan suara cempreng.
“Koper….,”jawabku lega. Si kenek cempreng pun mengambil koper yang kukenali dengan baik sambil bilang ‘ga diapa-apain kopernya’.
“Lain kali jangan begitu”, tegurku. “Brenti suka-suka hati. Susah penumpang kalau begini”.
Akhirnya aku bisa menuju rumah dengan lengkap dan lega. Saat sopir taksi bertanya koper isi apa, kujawab bukan apa-apa hanya baju-baju dan obat-obatan. Iya sih memang, tapi kan ga enak barang pribadi diliat-liat orang lain…ampun dah.
Bis-bis di Indonesia memang masih ga bener soal naik-turunin penumpang. Jadi ingat  selalu nama bis dan simpan tiketnya ya teman-teman 🙈🙈🙈🙊🙊🙊

image

Advertisements