Manado itu terkenal karena bibir dan buburnya! Begitu orang-orang bercerita untuk menggambarkan kecantikan gadis-gadis  Manado yang kebanyakan berkulit putih dan makanan khasnya yang lezat-lezat. Uhuuyy karena aku cewek jadi aku lewatin saja perihal Bibir Manado ini, walau tetap garuk-garuk  kepala ingin tahu kenapa mereka bisa seputih dan  selangsing itu. Padahal Manado, sama seperti kota pesisir lainnya, udaranya panas. Nah aku saja yang dari gunung adem eh coklat begini, pernah langsing sih duluuuu sekali. Hahaha, apa? Derita Lo? Perihal makanannya, walau aku bukan seorang petualang dalam hal makanan, aku juga mencoba beberapa makanan khas Manado seperti bubur, nasi kuning dan es kacang merah. Basic memang, karena perutku suka susah beradaptasi dengan makanan jenis baru. Jadi karena makannya di restoran yang direkomendasikan dan mengingat sebelumnya aku tinggal di daerah pelosok yang makan pun susah,  makanan-makanan ini sungguh lezat sekali!

image

   Kota di Utara Sulawesi ini seperti halnya kota-kota besar lainnya di Indonesia sedang berkembang dalam pembangunan. Kesumpekan  kota dan keruwetan lalu lintas tampak di sana-sini, khas Indonesia sekali.  Namun Manado, seperti halnya kota-kota di Timur Indonesia lainnya terus berbenah dan membangun infrastrukturnya. Ku lihat Jembatan Soekarno menghubungkan wilayah-wilayah di Manado, jalan-jalan tol menembus bukit-bukit di bangun. Kota ini menggeliat menjadi megapolitan di Utara. Dan Sang Tuhan Raja, yang diimani oleh mayoritas di Manado, menyapa dengan senyum kasihnya di tiap-tiap sudut kota. Memberi kesan teduh dan hangat di jiwa pun bagi bukan pemeluknya.  Bagiku yang muslim, Isa atau Yesus diakui sebagai Rasul yang ke-24. Jadi Manado seperti saudara tua bagiku. Dan teman-temanku yang non-muslim pun sangat baik, memperlakukanku dengan manis sekali. Mereka tidak akan menawarkan makanan dan minuman haram. Dan memberikan waktu saat perlu beribadah lima kali sehari. Indahnya kerukunan dan toleransi!

image

image

   Dan ke Manado tidak sah kalau tidak ke Bunaken. Pantai indah ini terkenal ke seluruh negeri hingga mancanegara akan biota lautnya yang sungguh mempesona. Jadi ini pilihan utama aku dan teman-temanku untuk melihat Manado dari dekat selain Tomohon, kota bunga lainnya. di Sulawesi Utara. Mumpung akhir pekan masih panjang sebelum balik Jakarta. Yuks mariii!

image

Advertisements